SINOPSIS dan RESENSI NOVEL BUMI Karya Tere Liye

Ada yang belum baca novel bumi karya tere liye ini? Wahh.. sayang banget kalau belum baca novel ini. RUGI ! ^_^ biar gak rugi baca dulu yaa..hehe

Berikut sinopsis novel bumi karya tere liye ini :
Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh.

Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.

Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang

review novel bumi karya tere liye

Dulu, sebelum membaca ini sebenernya udah beli yang novel bulan tapi pas baca malah pusing dan gak nyambung sendiri.hehe Dan juga novel bumi ini lumayan langka karena persediaan terbatas banget. Waktu itu beli di bursabukuberkualitas.com untungnya ada. ahay.

Dan beginilah rasanya ketika membaca novel ini..

.

.

.

Ahhhhhhh… gak bisa digambarin ! Speechless! KEREN BANGET EUY! Pas baca tuh kamar serasa ganti suasana. Yaps! serasa berada di dunia fantasi yang sama sekali gak terpikirkan sebelumnya. Sensasinya kerasa banget! Apalagi pas actionnya kaya pas tiang listrik jatuh dan dihilangkan oleh si RAIB ! wih emang bener apa kata mereka yang sudah baca novel ini. Novel BUMI itu tuh HARRY POTTE-nya INDONESIA ! Pecinta harry potter wajib banget baca novel ini..

 

Yang didapat dari novel ini tuh rasa persahabatan antara RAIB, SELI dan RAIB yang kuat sekali. Walau perbedaan karakter dari masing-masing 3 sahabt ini sangat bersebrangan malah sering berantem tapi nanti lambat laun mereka bertiga saling mengerti.

Tak taulah harus berkata apa lagi, saking bagusnya ^_^ soalnya baru kali ini baca novel fantasi gak pake lama, gak sampe berminggu-minggu. Cuma hitungan hari aja sudah selesai bacanya. Karena tiap halaman tuh bikin nagih.hehe

Kalau ada 5 bintang saya kasih novel ini 6 bintang ! hahaaha.. ide ceritanya belum ada yang nyamain lho! risetnya pasti lama nih. Salut buat bang tere liye karena telah membuat buku yang amazing ini.

sinopsis dan resensi novel bumi karya tere liye

Berikut ada resensi dari https://h3kmatyar.wordpress.com :

BUMI. Novel karya Tere Liye ini mengisahkan kehidupan seorang remaja perempuan bernama Raib yang memiliki kemampuan unik. Sejak umur 22 bulan, Raib bisa menghilang. Cukup menutup wajahnya dengan kedua telapak tangan dan wush. Raib pun hilang. Sekarang umur Raib 15 tahun dan kemampuan ini tetap menjadi rahasianya. Selain bisa menghilang, Raib juga memiliki hal unik lainnya. Raib memiliki 2 kucing kembar yang dia dapat di ulang tahunnya yang ke-9. Si Hitam dan Si Putih. Tapi orang tuanya hanya dapat melihat Si Putih. Di usia 15 tahun, kejadian demi kejadian mulai datang dan tanpa disadari oleh Raib akan mengubah kehidupannya. Mengungkap siapa Raib sesungguhnya.

Raib memiliki sahabat bernama Seli yang ternyata memiliki rahasia juga. Seli dapat menahan sengatan listrik dan dapat menggerakan benda-benda kecil tanpa menyentuhnya. Sama seperti Raib, kemampuan ini tetap menjadi rahasia Seli hingga usianya 15 tahun.

Di kelas Raib, ada seorang ramaja pria bernama Ali. Ali adalah murid genius. Dan dia yang pertama kali mengetahui rahasia Raib. Saat Raib sedang dihukum oleh Miss Keriting karena tidak membawa buku PR matematikanya dia memutuskan untuk mengamati hujan sambil menghilang. Tiba-tiba ada sesosok tinggi kurus menyapanya dengan suara dingin, “Halo, Gadis Kecil” sapaan ini mengagetkan Raib sehingga wajahnya tidak tertutup lagi oleh kedua telapak tangannya dan Raib pun terlihat lagi. Ali melihat lorong yang kosong dan tiba-tiba saja Raib muncul di sana. Semenjak itu Ali terus membuntuti Raib untuk membuktikan bahwa dirinya benar. Dunia ini tidak sesederhana yang terlihat.

Seakan belum cukup rahasianya diketahui oleh Ali, setelah sampai di rumah Raib tidak dapat menemukan si Hitam. Dan beberapa hari kemudian Raib menemukan kekuatan baru. Raib dapat menghilangkan benda. Beberapa hari kemudian di malam hari, Raib terkejut. Sosok tinggi kurus yang menyapanya di lorong sekolah berada di kamarnya. Lebih tepatnya di dalam cermin di kamarnya. Bersama si Hitam. Sosok tinggi kurus itu mengaku sebagai ‘teman’. Dia mengaku mengetahui siapa Raib dan dapat melatihnya menguasai kekuatan yang ada dalam dirinya. Tugas pertamanya adalah menghilangkan sebuah buku. Tapi Raib tidak menanggapinya secara serius, hingga saat malam harinya sosok tinggi itu datang lagi. Sosok itu marah karena Raib tidak melakukan tugasnya dengan serius. Maka sosok itu menggunakan cara kasar. Dia memerintahkan si Hitam untuk membunuh si Putih jika Raib tidak bisa menghilangkan buku tersebut dalam hitungan kesepuluh. Si Hitam berubah menjadi kucing seukuran serigala dan menerkam si Putih siap membunuhnya. Dalam kepanikan Raib masih tidak dapat menghilangkan buku itu. Dan saat si Hitam akan membunuh si Putih tanpa disadari oleh Raib telapak tangannya mengarah ke si Hitam dan menyuruhnya menghilang. Dan wush. Si Hitam menghilang. Sosok tinggi itu terkejut, kemampuan Raib melebihi perkiraannya. Raib pun sama terkejutnya. Setelah kejadian itu Raib pun dapat menguasai kekuatan barunya.

Keesokan harinya, terjadi peristiwa besar di sekolah. Gardu listrik tiba-tiba saja meledak dan menjatuhkan kabel-kabel listrik ke arah Raib dan Seli. Terancam maut, Seli berhasil menahan kabel-kabel listrik. Membuka rahasianya di hadapan Raib. Raib pun menghilangkan tiang listrik yang jatuh ke arah mereka. Membuka rahasianya di hadapan Seli. Tiba-tiba muncul Ali yang membawa mereka lari ke tempat aman agar terhindar dari pertanyaan-pertanyaan orang. Semua berjalan sangat cepat. Di aula sekolah, tempat mereka bersembunyi tiba-tiba datang 8 orang berpakaian hitam dan dipimpin oleh sosok tinggi yang ternyata bernama Tamus. Mereka akan menjemput Raib ke dunia lain. Dunia Klan Bulan.

Mereka bertiga malawan. Seli mengeluarkan petir dari tangannya. Dia adalah salah satu Klan Matahari. Tapi mereka bertiga belum cukup kuat. Dalam keadaan terdesak, tiba-tiba datang Miss Keriting (Selena) yang sebenarnya adalah salah satu masyarakat Klan Bulan. Dengan bantuan Miss Selena mereka bertiga berhasil lolos dan tiba di kamar Raib. Tapi sayangnya Miss Selena tidak dapat kabur bersama mereka.

Di kamar Raib mereka memeriksa buku PR Matematika Raib yang diberikan Miss Selena beberapa hari yang lalu, mencari petunjuk. Buku itu kini bersampul kulit berwarna gelap dengan gambar bulan sabit cetak timbul. Saat Raib menyentuh buku itu, muncul sinar dari bulan sabit dan menjalar ke tubuh Raib. Cahaya itu semakin terang dan tiba-tiba saja mereka sudah berada di ruangan berbeda. Di Dunia berbeda. Dunia Klan Bulan.

Ruangan itu adalah kamar Ou. Anak bungsu Ilo dan Vey. Ilo adalah orang yang paling tenar dan memiliki pemikiran yang sama dengan Ali. Dunia ini tidak sesederhana yang terlihat. Ilo berjanji akan membantu Raib, Seli dan Ali kembali ke kota mereka esok hari. Ilo menyarankan mereka untuk bermalam dan menggunakan kamar Ily, anak sulungnya yang tinggal di asrama akademi.

Dunia Klan Bulan memiliki teknologi yang sangat maju dan sangat menjaga lingkungan. Mereka membuat sebagian besar peradabannya di bawah tanah agar tidak merusak lingkungan permukaan. Hanya orang-orang kaya yang tinggal di permukaan. Di bangunan tinggi dengan rumah beton berbentuk balon.

Setelah Ilo mengetahui dari mana mereka berasal, Ilo memutuskan untuk membawa mereka ke orang yang lebih baik. Av. Kakek dari kakek-kakeknya Ilo. Sang penjaga perpustakaan. Dari Av terungkap bahwa Dunia ini memiliki 4 Dunia Paralel yang saling berdampingan dan tidak pernah bertabrakan. Dunia Tanah, Dunia Bulan, Dunia Matahari dan Dunia Bintang. Dan Av pun memberitahu jika Raib memang dari Dunia Klan Bulan dan itu berarti orangtuanya di Bumi bukanlah orangtuanya yang sesungguhnya.

Dunia Klan Bulan mengalami kerusuhan. Kota Tishri, tempat mereka berada telah berhasil dikuasai oleh Tamus. Raib, Seli dan Ali terjebak. Tidak dapat kembali ke Bumi. Petualangan mereka bertiga di Dunia Klan Bulan dimulai.

***

Jujur saja, jika tidak mengenal Tere Liye adalah penulis Indonesia, saya tidak akan menyangka jika novel Bumi ini adalah buah ciptaan penulis Indonesia. Membaca novel Bumi ini mengingatkan saya kembali saat saya pertama kali membaca seri buku Harry Potter. Saya menemukan Dunia Baru dan saya jatuh cinta.

Pada novel ini Tere Liye dapat menggambarkan Dunia Klan Bulan dengan sangat baik sehingga saya tenggelam ke dalamnya. Kota Tishri dengan semua teknologi majunya. Pakaian yang dapat menyesuaikan dengan ukuran tubuh pemakainya. Sepatu yang sangat ringan. Mandi dan mencuci dengan udara. Transportasi dengan portal dan kapsul kereta yang rangkaiannya bagai jaringan pernapasan manusia. Dengan semua hal yang lebih maju dari Bumi, gelas di dunia Klan Bulan berbentuk seperti sepatu dan makanannya seperti bubur hitam tidak mengundang selera (walau rasanya tetap enak). 2 hal ini membuat Bumi memiliki sedikit nilai lebih.

Hal lain yang saya suka dari Dunia Baru ini, di Dunia Klan Bulan tidak semua orang memiliki kekuatan. Kebanyakan seperti masyarakat Bumi. Manusia biasa. Pada awalnya saya mengira semua masyarakat Klan Bulan memiliki kemampuan seperti Raib, Tamus dan Selena yang diperkenalkan di awal cerita. Jujur saja, menurut saya jika semua masyarakat Klan Bulan memiliki kemampuan seperti Raib, novel ini tidak akan sebagus ini.

Novel ini adalah buku pertama dari serial “BUMI”. Tidak sabar rasanya untuk membaca buku keduanya. “BULAN”.

=================================================

Novel BUMI Karya Tere Liye ini dijual di Bursabukuberkualitas.com

Silahkan hubungi SEGERA ^_^

SMS/WA : 0898.6508.779

PIN BB : 5872795E

LINE ID : bursabukuid

=========================================

Semoga Bermanfaat yaa sinopsis dan resensinya.. :)

 

About @Referensi_Buku

Hanya mereferensikan buku yang bibit, bobot, dan bebetnya berkualitas! Dapatkan info seputar buku bagus disini ! Insyaallah bermanfaat.
This entry was posted in @Referensi_Buku, buku bagus, buku best seller, buku gramedia, buku inspiratif, buku terbitan gramedia, harga buku, jual buku online, novel bagus, novel bestseller, novel tere liye, rekomendasi buku, rekomendasi novel, resensi novel, sinopsis novel, Toko Buku Online and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s