Sinopsis dan Resensi Buku Cinta Paling Rumit Karya Boy Candra

Mungkin, banyak sekali yang penasaran dengan buku cinta paling rumit ini ya. Buku ini termasuk yang paling laku di pasaran sejak awal kemunculannya. Bayangkan saja, preorder sampai dibagi menjadi dua kloter karena permintaan pasar yang membludak! Entah sihir apa yang dipakai boy candra sehingga bisa menghipnotis followernya.hehe Tapi setelah baca sinopsis dan resensi buku cinta paling rumit dibawah ini, kalian juga sepertinya akan terhipnotis dan pengen langsung baca ^^

Oke, langsung aja ya..

SINOPSIS BUKU CINTA PALING RUMIT

Dari sudut kota yang jauh. Perasaan kepadamu tetaplah hal yang utuh. Sebab kamu bagian dari rencana-rencana besarku. Bagian penting dari hal-hal yang kumiliki dalam hidupku. Maka, bertahanlah di sana tanpa rasa curiga. Tanamkan dalam dadamu apa yang aku perjuangkan sepenuh jiwa.

Bersabarlah di sana, biar kukembangkan lebih lebar lagi sayapku di sini. Semoga tidak lama lagi semesta memisahkan kita. Agar segala yang membuatmu cemas dan ragu bisa tiada.

***

BOY CANDRA dilahirkan 21 November 1989 di Kampung Parit, satu desa kecil di Sumatra Barat—tanah Minangkabau. Aktif menulis sejak 2011.

Cinta Paling Rumit adalah buku ketiga belasnya yang diterbitkan. Genre buku-buku yang ditulis; novel, kumpulan cerpen, buku puisi, dan buku prosa nonfiksi remaja. Kini, ia sedang menjalani pendidikan pascasarjana di salah satu universitas negeri di Sumatra Barat bidang manajemen pendidikan.

Selain menulis buku, ia juga sering mengisi pelatihan/seminar penulisan kreatif di berbagai tempat di Indonesia. Aktif di berbagai media sosial dengan nama: boycandra

Cinta Paling Rumit
Boy Candra
Ukuran 13 x 19 cm
340 halaman
NO ISBN : 9786026475961
Harga : Rp. 75.000
Penerbit KataDepan

RESENSI BUKU CINTA PALING RUMIT

Resensi buku cinta paling rumit kali ini bersumber dari SINI :

Pada awal mengetahui kalau boy candra akan menerbitkan buku baru, tebakan saya akan mirip-mirip seperti buku senja hujan atau sebuah melupakan karena judulnya yang mirip-mirip seperti itu. Tapi ternyata saya dibuat terkecoh dengan judulnya “Cinta Paling Rumit”. Buku ini gak melulu tentang cinta anak remaja yang terpendam, bertepuk sebelah tangan, dan semacamnya yang biasa dibahas penulis. Kali ini beda! Saya saja kaget dibuatnya, apalagi kamu 😉

Oke, sebelumnya harus dijelaskan terlebih dahulu bahwa buku ini bukan novel atau kumpulan tulisan-tulisan puitis ala boy candra. Buku ini adalah kumpulan cerpen tentang cinta. Lho? katanya gak melulu tentang cinta. Iya bentar dulu, cinta disini diartikan oleh penulis lebih luas lagi. Ada cinta kepada orang tua, idealisme, impian, keadilan, dll.

Cerpen pertama yang dinamakan sama seperti judul buku, “Cinta Paling Rumit”, memang temanya tentang cinta pada umumnya. Si A suka sama si B tapi si B gak sadar dan malah suka sama si C dan ternyata ada si D yang diam-diam juga suka sama si A. Kebayang teorinya? hehe Nah, cerpen selanjutnya mulai lagi bergeser. Dan ini yang mulai membuat saya terkejut dan semakin menikmati tema segar yang ditawarkan penulis. Lembar demi lembar saya lahap tanpa jeda dan saya semakin suka dengan tema-tema yang ditawarkan. Benar-benar kekinian! Ada isu politik, minat pembaca di indonesia, royalti penulis, hingga yang paling ekstrem tentang seseorang yang bunuh diri karena patah hati dan divideokan. Wow!!! sungguh-sungguh saya dibuat menggeleng-gelengkan kepala. Sepertinya penulis mulai merasa harus bereksplorasi dengan tema yang lain. Dan ini yang membuat saya makin memfavoritkan penulis ini.

Kalimat demi kalimat yang ditulis boy candra berhasil membuat saya hanyut dalam keindahannya dan penggambarannya yang begitu nyata. Jujur saja, saya agak kecewa dengan novel “Seperti Hujan Yang Turun Ke Bumi” karena kalimat-kalimat yang ditawarkan lebih menekankan puitisnya dibanding pengolahan emosi pembacanya dan konfliknya pun terkesan datar. Nah disini, sudah berkembang gaya tulisannya, alur konflik yang kompleks, twist ending dan saya mulai merasakan emosi yang kuat ketika membacanya. Bahkan, ada yang mampu berhasil membuat saya bergidik ngeri sekaligus ngilu dengan penggambaran bunuh diri di cerpen “Ashiran Munak Penulis Yang Mati Bunuh Diri Itu Adalah Kekasihku”.

Dan, cerpen terbaik dari yang paling baik di buku Cinta Paling Rumit ini adalah “Di Kedai Kopi Cepat Saji Ibu Kota Itu”. Menurut saya cerpen ini sangat indah dan menonjok sekali alurnya. Diawali dengan kalimat puitis dan diakhiri pula dengan kalimat puitis. Emosi yang dihadirkan begitu kuat sehingga saya merasakan apa yang dirasakan tokoh di cerpen itu. Cerpen ini juga membawa tema patah hati, sahabat baik, orang tua yang selalu mendukung dan impian yang harus selalu dikejar. Perasaan pun diaduk-aduk di cerpen ini. Keren lah pokonya! ^^

Di buku cinta paling rumit ini ada beberapa cerpen absurd dengan imajinasi liar yang tak akan masuk logika. Misalnya ada “Kisah Gagak dan Ayam Hutan” yang bercerita tentang negara ayam hutan yang mulai dikuasai oleh kaum pendatang si Gagak, lalu ada juga “Hantu” yang bercerita tentang seseorang yang cinta sama hantu, selanjutnya ada “Dia yang Dilahirkan dari Kesedihan” yang bercerita tentang perempuan patah hati yang bisa melahirkan ular. Jujur aja, saat menyelesaikan cerpen-cerpen itu saya berkata dalam hati “Apaan sih?” sambil ketawa ngakak. wkwkwkwk Saking gak nyangkanya seorang boy candra bisa membuat cerita seperti ini.

Berbicara mengenai kekurangan dalam buku ini, saya mengakui sudut pandang yang dipakai dalam novel ini terkadang membuat saya pusing. Karena kadang saya merasa terkecoh apakah yang dibicarakan seorang wanita atau pria karena gak konsisten. Dan itu yang membuat saya terkadang harus mengulang lagi dari awal.hehe

Kalau kelebihan buku cinta paling rumit ini, porsinya jauh lebih besar dari kekurangannya. Karena saya sangat suka dan jatuh cinta pada buku ini. Tokoh-tokoh yang memiliki sifat beragam, twist ending yang apik, alur yang roller coster, dan tema yang ditawarkan sangat sangat membuat saya terpukau. Ah, ada kepuasan tersendiri ketika selesai membaca ini.

Jadi, kesimpulannya untuk kalian yang sedang patah hati, butuh hiburan, butuh pemikiran-pemikiran baru, butuh pembaruan wawasan seputar politik & idealisme, bahkan yang butuh analisis mendalam seputar psikologis dan keadaan dunia, maka kalian bisa dan harus baca buku ini. Ya, buku ini tidak melulu tentang cinta. Ada banyak hal yang dibahas disini. Dan saya menjamin kalian akan suka dengan buku ini ^^

 

resensi buku cinta paling rumit

Bagi kalian yang ingin membeli buku cinta paling rumit bisa klik DISINI

———————————————————————————————————————————-

Oke, segitu dulu ya sinopsis dan resensi buku cinta paling rumit karya boy candra, kalau ada yang mau didiskusikan bisa tinggalkan komentar di bawah. Silahkan dishare agar banyak yang suka baca buku 🙂 Semoga bermanfaat!

 

Advertisements

About @referensibukubagus

Hanya mereferensikan buku yang bibit, bobot, dan bebetnya berkualitas! Dapatkan info seputar buku bagus disini ! Insyaallah bermanfaat.
This entry was posted in buku bagus, buku baru, buku best seller, Buku Boy Candra, Buku Terbaik 2018, Daftar Buku Bestseller, Referensi Buku Bagus 2018, referensi novel bagus, rekomendasi buku, resensi buku, Resensi Buku Bagus, sinopsis buku, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s